Sistem Penunjang Keputusan

| Jumat, 30 Desember 2011
Definisi :
Sistem Komputer yang interaktif yang membantu pembuatan keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data dan model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur.

Tujuan
 Memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan pada masalah yang semi/tidak terstruktur.
 Memberikan dukungan pembuatan keputusan kepada manajer pada semua tingkat dengan membantu integrasi antar tingkat.
 Meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatan keputusan dan bukan peningkatan efisiennya.

Karakteristik SPK
 Adaptability
 Flexibility
 User friendly
 Support Intelligence, design, choice
 Effectiveness

Tiga Tingkat Teknologi SPK
1. Spesific DSS
Merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/ sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitis terhadap suatu masalah tertentu.
2. DSS Generator
Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat dan mudah membuat specific DSS
3. DSS Tools
Hardware /software yang membantu pembuatan specific DSS/Generator DSS

Manfaat SPK
 Meningkatkan jumlah alternatif yang dipilih
 Pemahaman yang lebih baik tentang bisnis
 Respon yang cepat terhadap situasi yang tidak diharapkan.
 Kontrol yang lebih baik

Komponen Arsitektur SPK
1. Komponen Data
 Sumber data
 Kontribusi vendor
2. Komponen Dialog
 Knowledge Base
 Bahasa Tindakan
 Bahasa Representasi
3. Komponen Model
 Model Optimasi
 Model Deskriptif
 Model Probabilistik
 Model Deterministik

Perbedaan SIM, SPK, EDP
1. SIM
 Fokus pada pengorganisasian informasi dari perusahaan
 Alur informasi terstruktur
 Aktifitas : tanya jawab & penyusunan laporan
2. SPK
 Mengkhususkan pada pengambilan dari pada manajer tingkat atas.
 Menekankan pada fleksibilitas, adaptibilitas dan mampu memberi respon dengan cepat.
 User memiliki kontrol penuh dalam berinteraksi

3. EDP
 Fokus pada data
 Proses transaksi yang efisien
 Mengintegrasi file-file dari pekerjaan sejenis
 Membuat ringkasan untuk laporan bagi manajemen.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲