Teknologi Informasi Sebagai Keunggulan Kompetitif Sumber Daya Informasi

| Jumat, 30 Desember 2011
Usaha awal dalam manajemen informasi terfokus pada data. Usaha tersebut sejalan dengan meluasnya penggunaan system manajemen database atau DBMS. Kita dapat mengelola informasi dengan mengelola sumber daya yang menghasilkan informasi. Dengan kata lain, dari pada berkonsentrasi pada input (data) dan output (informasi), perhatian seharusnya juga diberikan pada pengolah informasi yang mengubah input menjadi output. Pengolah ini meliputi perangkat keras dan perangkat lunak, serta orang yang mengembangkan, mengoperasian, dan menggunakan system.

Jenis-jenis Sumber Daya Informasi
Sumber Daya Indormasi terdiri dari:
Perangkat keras computer
Perangkat lunak computer
Para spesialis informasi
Pemakai
Fasilitas
Database Informasi

Saat para manajer perusahaan memutuskan untuk menggunakan informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif dan mereka harus menyadari setiap elemen tersebut sebagai sumber daya informasi. Contohnya manajer harus mengerti bahwa pegawai yang mampu menerapkan computer untuk permasalahan bisnis adalah sumber daya yang berharga demikian pula dengan para pemakai di lingkungannya, lalu perusahaan mengelola sumber daya tersebut untuk mencapai hasil yang dinginkan.

Perencanaan Strategis Sumber Daya Informasi

Kumpulan strategi informasi merupakan istilah dari rencana-rencana strategis, pendekatan yang dianjurkan adalah mendasarkan rencana terseebut sepenuhnya pada tujuan strategis perusahaan.


Pendekatan SPIR

Solusi untuk masalah tidak memadainya sumber daya informasi adalah perencanaa strategis sumber daya informasi atau SPIR. Saat perusahaan menerapkan SPIR rencana strategis untuk bersamaan. Rencana perusahaan mencerminkan dukungan yang dapat disediakan oleh jasa informasi dan rencana jasa informasi mencerminkan kebutuhan dukungan system dimasa depan.

informasi dan rencana strategis untuk perusahaan dikembangkan
secara bersamaan.


Isi Rencana Strategis Sumber Daya Informasi

Tiap perusahaan akan mengembangkan suatu rencana strategis sumber daya informasi yang memenuhi kebutuhan sendiri. Namun, kita dapat mengidentifikasi sejumlah topic utama yang tercakup. Intinya rencana ini harus menjelaskan: (1) tujuan-tujuan yang akan dicpaai oleh tiap subsistem CBIS selama periode tercakup dalam jangka waktu perencanaan, (2) sumber daya informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.


End User Computing sebagai Masalah Strategis

Tidak semua orang yang ikut serta dalam EUC memiliki tingkat pengetahuan computer yang sama. Pemakai tingkat akhir dapat dikelompokan menjadi empat, yaitu :
ü Pemakai Akhir Tingkat Menu
ü Pemakai Akhir Tingkat Perintah
ü Pemakai Akhir Tingkat Programer
ü Pemakai Akhir Tingkat Fungsional


Jenis-jenis Aplikasi Pemakai Akhir

Sebagian besar aplikasi end user computing telah dibatasi pada:
Sistem pendukung keputusan (DSS) yang relative mudah
Aplikasi otomastis kantor yang memenuhi kebutuhan perseorangan

Selebihnya adalah tanggung jawab spesialis informasi untuk bekerja sama dengan pemakai dalam mengembangkan:
Aplikasi SIM dan SIA
DSS yang kompleks
Aplikasi otomatis kantor yang memenuhi kebutuhan organisasional
Sistem pakar


Manfaat End User Computing

EUC memberikan manfaat bagi perusahaan dalam dua cara utama: EUC memindahkan sebagian beban kerja pengembangan system kepada pemakai serta EUC menghulangkan atau mengurangi kesenjangan komunikasi antara pemakai dan spesialis informasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲